Sunday, January 01, 2012

Musim Kawin Lari

Hi there. In this post I'll be trying to post about cats (again) for almost like forever I've lost any inspirations to post about cats. And tell you what, the idea of this post came out since my cat left me to "marry" a female cat. And he's not coming home yet till I made this post. How sad.

Okay. Compiling from couple sources, there are some points I will brief:

1. Kucing biasanya kawin mulai musim penghujan. *eyebrow raised*
2. Dan musim penghujan biasanya bulan November, Desember, Januari, Februari....
3. Kucing betina bakal dikerubungin banyak pejantan.
4. Poin #3 bakal menjelaskan gambar ini:

Betina yang dikerubungin 3 pejantan, diatas pager rumah tetangga.
Jantan kampung - Betina kampung - Jantan kampung - Jantan anggora

5. Karena si betina yang memutuskan siapa yang akan dikawininya, maka dari itu kucing gue belom balik balik sampe sekarang :(


Bersumber dari blog Cats Education, ada beberapa hal yang bikin gue tertarik tentang perkawinan kucing, yaitu tahap-tahap si kucing mulai minta kawin.

Pertama, istilahnya Anestrus. Ini tahap dimana si kucing itu pada muna gitu deeehh, sok sok ga tertarik sama lawan jenisnya, dan ini terjadi saat awal musim hujan.

Kedua, namanya Proestrus. Disini, kucing betina bakal genit banget, guling-gulingan dan ngegosok-gosokin badannya ke lantai atau tanah. Gunanya? Menarik si pejantanlah. *Jadi kalo nanti gue liat ada cewek lagi guling-gulingan berarti diaa...... err... skip.*

Ketiga adalah Estrus. Tahap ini lamaya seminggu, dimana si betina bakalan ngajak si jantan kawin lari *dan itulah yang terjadi sama si Boy*. Daaaannnn uniknyaa, si betina bakal membolehkan beberapa pejantan mengawini dia! Oke, kucing itu poliandri. Note that.

Kucing adalah hewan superfekunditas. Artinya dari satu kelahiran, anak kucing bisa saja mempunyai bapak yang berbeda-beda.

Keempat, Interestus. Tahap kalo si betina ga nemu pejantan buat dimintain kawin, then turning back again to the first step.

Kelima, istilahnya Metestrus. Ini kalo si betina udah kawin tapi ga hamil. Skip that, I own a very spoiled male cat.

Nah, kalo lo ngeliat kucing sering sering:
1. Menjilati kemaluannya (beberapa hari terahir sebelum Boy kawin lari, cek)
2. Meong ga keruan (hari Kamis malam, pas si Boy mulai kawin lari, cek)
3. Sensi (beberapa hari terahir sebelum Boy kawin lari, cek)
itu berarti si kucing minta kawin. (Boy lagi kawin lari, cek)

Berdasarkan blog ini, dan beberapa artikel sumber lainnya, pejantan bakal mulai kawin saat berumur 1 tahun (si Boy udah 3 tahun) dan umumnya, perkawinan kucing terjadi selama 3-7 hari (dan si Boy baru ngilang 3 hari. 3 hari aja cukup bikin gue kelimpungan nyariin si Boy, gimana 7 hari gue ditinggal kawin lari sama si tampan T_T).

Dan inilah kucing-kucing yang lagi berusaha kawin di RT gue.

ini di lapangan depan rumah gue.

ini diatas genteng rumah gue x_x


dan ini di tembok batas rumah tetangga.

Aslinya sih kucing-kucing diatas itu bukan kucing yang biasanya lalu lalang di RT 09, Blok A2 di komplek gue. Intinya, si Boy pasti di suatu tempat lain dan gue gatau dia dibawa lari sama betinanya kemana.


Dan berdasarkan pengalaman gue punya kucing pejantan selama 3 kali, si pejantan ini bakal nyari betina (atau mungkin betinanya yang ngajak) sampe jauuuuuhhhh banget dari rumahnya. Dan ga pulang sebelum kawin. Makanya gue namain ini dengan istilah "kucing kawin lari".




Boy, Jantan, Anggora, 3 tahun.
Manja ga ketolongan, kalo makan maunya disuapin, penangkap cicak sekaligus pemakannya, doyan susu apalagi bear brand, doyan ikan, ga bisa makan tulang ayam selain ayam masakan nyokap gue (karena nyokap gue masak ayamnya empuk sampe ke tulang. Si Boy gabisa gigit tulang yang keras. Well, tulang memang keras, Boy), kalo bobo maunya satu kasur sama gue, dan pasti jam 9 pagi ngebangunin gue buat minta disuapin.

6 comments:

Andri said...

-________________________________________-


segalau itu...
ckckck

fanyli said...

Kan biar gaul mesti galau dulu mbah. Ahaha. Yaudadeh gue galauin aja kucing gue :p

Faizal Indra kusuma said...

Anyway, you know what?. Gara2 kucing edan, rumahku berikut kamarku ambruk langit2nya karena kucing kawin. Larinya malah ke atap rumah. Huft sial. Kalo bisa benerin. Bisanya bantuin rusakin. :(

fanyli said...

sama, ada juga beberapa kucing yang masuk masuk ke atap rumah dan mereka kawin disitu. well, itulah tingkah laku kucing kalo lagi kawin -______-

agam said...

ada penghulunya ga yah kalo kucing kawin ? xD :p

fanyli said...

mungkin agam mau jadi penghulunya? :p